Jenis Usaha Manusia

Inilah 5 Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya

Diposting pada

Inilah 4 Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan nya – Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia perlu berusaha dengan bekerja. Dengan bekerja, ia akan memperoleh upah atau gaji. Dengan upah atau gaji yang didapatkannya itu, maka ia bisa membeli dan memenuhi berbagai keperluan hidupnya secara layak.

Jenis Usaha Manusia

Nah, apa sajakah jenis usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di Indonesia? Berikut ini uraian lengkapnya.

Pengembara dan Berburu

Jenis usaha manusia ini jamak dilakukan oleh manusia purba, yaitu manusia yang hidup pada jaman yang telah lampau. Untuk mendapatkan manakan, mereka melakukan perburuan terhadap hewan, seperti babi hutan, kijang, dan lain-lain.

Ilustrasi berburu binatang (pexels.com)

Selain itu, mereka juga mengumpulkan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di huta. Kegiatan mengumpulkan makanan dari hutan ini disebut dengan meramu. Saat itu mereka belum mengenal bercocok tanam. Jika pun sudah ada, tentu sangat sederhana sekali, belum melibatkan teknologi seperti sekarang.

Baca juga: Kehidupan Bangsa Indonesia pada Zaman Pendudukan Jepang

Pertanian/Agraris

Jenis usaha ini dilakukan dengan memanfaatkan tanah baik itu sawah atau ladang untuk digunakan bercocok tanam dan kegiatan pertanian lainnya secara umum. Kegiatan pertanian yang dimaksud seperti: pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lain.

Petani yang sedang panen (pexels.com)

Jenis usaha ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini sangat wajar mengingat Indonesia adalah daerah tropis yang subur tanahnya.

Karena sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian atau agraris, maka Indonesia disebut sebagai negara agraris.

Perdagangan

Saat kamu pergi ke pasar, apa yang kamu lakukan? Ya, menjual atau membeli. Di sana terjadi proses transaksi antara penjual dan pembeli. Pembeli menyerahkan uang kepada pedagang (penjual), sebagai imbal baliknya maka pedagang menyerahkan barang yang sudah disepakati hargannya sebelumnya kepada pembeli. Itulah yang disebut transaksi jual beli. Istilah lainnya adalah perdagangan.

Transaksi jual beli di pasar (pexels.com)

Dari mana pedagang memperoleh keuntungan atau laba? Penjual saat membeli barang yang akan ia jual ke pasar, menggunakan harga dasar. Lalu, saat di pasar ia menaikkan harga jual barang tersebut kepada pembeli. Nah, selisih harga itulah yang menjadi keuntungan atau laba yang didapatkan oleh penjual.

Industri

Industri artinya mengolah bahan menah menjadi bahan jadi. Apa contohnya? Baju misalnya.

Untuk membuat sebuah baju tentu harus melewati proses yang panjang. Dimulai dari pembuatan benang dari kapas atau wol atau yang lainnya. Setelah menjadi benang lalu dipintal untuk menjadi selembar kain. Setelah jadi kain, maka harus dibuat pola baju terlebih dahulu untuk kemdian dijahit menjadi sebuah baju.

Industri (pexels.com)

Nah, semua proses pembuatan baju di atas, itulah yang yang dinamakan industri. Bisakah kamu sebutkan contoh yang lainnya?

Industri banyak macam jenisnya. Ada yang skala kecil atau rumah tangga sampai skala pabrik atau perusahaan. Untuk skala rumahan misalnya pembuatan tahu tempe, pembuatan kerupuk, pembuatan kerajinan tangan, dan lain-lain.

Sedangkan untuk skala perusahaan, misalnya industri pembuatan sepatu, pembuatan kabel, pembuatan kendaraan bermotor,dan lain-lain.

Jasa

Jenis usaha jasa ini tidak menghasilkan benda. Lalu, apa yang dihasilkan? Yang dihasilkan adalah pelayanan. Apa contohnya?

Misalnya seorang tukang cukur. Ia akan mendapatkan upah setelah tugasnya mencukur rambut klien telah selesai ia lakukan. Contoh lainnya adalah sopir. Atas jasanya sebagai sopir dalam mengantarkan penumpang sampai ke tujuan, maka ia akan mendapatkan upah.

Bengkel mobil (pexels.com)

Contoh lain jenis usaha dibidang jasa adalah: tukang ojeg, master of ceremony (MC) sebuah acara, penyiar radio/tv, pengacara, hakim, dokter, bidan, tukang bangunan, bengkel mobil, dan lain-lain.