Kegiatan Ekonomi adalah Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hidup. Inilah Contoh dan Jenisnya

Diposting pada

Kegiatan Ekonomi adalah Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hidup – Semua orang tentu ingin hidup secara layak. Hidup secara layak itu artinya kebutuhan hidupnya disa terpenuhi secara layak. Baik itu kebutuhan dasar atau primer seperti sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal), dan juga kebutuhan pendukung atau sekunder lainnya.

Terlebih di era sekarang, dimana jenis dan tingkat kebutuhan hidup manusia sudah semakin beragam jenisnya. Seperti hiburan, komunikasi data internet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu semua memerlukan penyaluran kebutuhan agar hidup manusia menjadi semakin bermakna.

Pada pembahasan yang telah lalu, telah kita bahas 5 Jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhannya, maka dalam kesempatan kali ini akan kita bahas tentang kegiatan ekonomi.

Kegiatan Ekonomi Adalah…

Semua kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut dengan kegiatan ekonomi. Jadi, semua jenis usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagaimana pembahasan yang disebutkan di atas adalah berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

Secara prinsip, kegiatan ekonomi di Indonesia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Produksi, Distribusi, dan Konsumsi.

Produksi

Produksi adalah semua kegiatan yang bisa menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nah, pihak yang menghasilkan produk itu disebut dengan produsen. Proses produksi akan menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan bisa berupa barang atau jasa.

Sebagai contoh, petani yang menanam padi di sawah bisa disebut sebagai produsen. lalu pabrik tahu, pabrik sepatu, pabrik spare part kendaraan bermotor juga bisa disebut melakukan proses produksi. Produksi dalam contoh ini menghasilkan barang.

Petani padi (foto: pexels.com)

Lalu ada proses produksi yang menghasilkan jasa. Apa saja contohnya? Pekerja salon kecantikan, dokter, guru, sopir adalah beberapa contoh produksi yang menghasilkan jasa.

Pekerja salon kecantikan tidak menghasilkan rambut, tetapi ia bisa merias membuatmu menjadi lebih cantik atau tampan. Dokter spesialis mata tidak menghasilkan mata, tetapi ia bisa membuat mata menjadi sehat.

Bisakah kamu berikan contoh produksi yang menghasilkan jasa yang lainnya?

Distribusi

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang yang dihasilkan oleh produsen kepada konsumen. Sedangkan orang atau pihak yang melakukan proses distribusi disebut dengan distributor.

Gudang penympanan barang yang akan didistribusikan (foto: pexels.com)

Untuk sampai ke konsumen, distributor biasanya melakukan perpanjangan tangan dalam pendistribusian barang yang dikenal dengan agen. Agen bisa menjual langsung ke konsumen dengan harga grosir atau menjual lagi ke toko atau warung untuk kemudian dijual lagi ke konsumen.

Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah sebuah kegiatan untuk menghabiskan atau menggunakan hasil produksi. Sedangkan pihak yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen.

Warung yang menjual buah-buahan (foto: pexels.com)

Jika kamu membeli pasta gigi di warung, lalu menggunakannya untuk keramas, maka kamu disebut sebagai konsumen.

Konklusi

Untuk bahan ilustrasi guna memahami pokok bahasan kali ini, maka perhatikan analogi berikut ini:

Pabrik pasta gigi melakukan produksi pasta gigi, maka pabrik tersebut disebut sebagai produsen pasta gigi. Sedangkan kamu sebagai pengguna pasta gigi, maka kamu disebut sebagai konsumen pasta gigi. Lalu, radio atau televisi menayangkan iklan pasta gigi sehingga disebut sebagai produsen jasa. Sedangkan penonton adalah konsumen tayangan iklan tersebut.

Glossari (Kata Kunci)

Kata kunci yang terkait dengan pokok pembahasan Kegiatan Ekonomi adalah Upaya Pemenuhan Kebutuhan Hidup. Inilah Contoh dan Jenisnya adalah:

  • kegiatan ekonomi
  • produksi
  • produsen
  • distribusi
  • distributor
  • agen
  • konsumsi
  • konsumen