Prediksi Bocoran Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP Tahun 2020

Diposting pada
Prediksi Bocoran Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun 2020

PREDIKSI (BOCORAN?) SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TAHUN 2020

  1. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Harga komoditas cabe rawit masih bertahan tinggi. Hampir di seluruh wilayah Jawa harga cabe berkisar lebih dari Rp100.000,00 per kilogram. Kenaikan harga cabe diprediksi terus naik karena pasokan dari para petani mengalami penurunan. Makna kata komoditas mempunyai makna ….
    A. laba yang diperoleh dari berdagang
    B. barang dagangan utama; benda niaga
    C. jumlah yang melebihi hasil biasanya; berkelebihan;
    D. alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dng uang luar negeri
  2. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Berbagai upaya dilakukan Kementerian Agama dalam mengurusi soal haji terutama dengan mendahulukan atau mengutamakan sesuatu daripada yang lain yaitu khususnya jamaah haji lansia tahun 2017. Hal ini dilakukan karena ada 53 ribu jamaah haji lansia yang tersebar di seluruh Indonesia. Kata yang bergaris bawah mempunyai makna sama dengan kata…
    A. kuota
    B. populasi
    C. prioritas
    D. bonus
  3. Cermati penggalan teks berikut!
    Joey Alexander kembali memberi kejutan. Bersama para musisi jazz papan atas dunia, pianis 12 tahun itu tampil memukau di hadapan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Gedung Putih, Washington. Bukan itu saja untuk pertama kalinya musisi Indonesia masuk ajang penghargaan bergengsi musik dunia, Grammy Awards 2016. Dan dia baru berusia 12 tahun. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ….
    A. Pianis terkecil di Grammy Award
    B. Tampil di hadapan Presiden Amerika Serikat
    C. Bermain bersama musisi jazz papan atas di gedung Putih
    D. Untuk pertama kali musisi Indonesia masuk ajang penghargaan bergengsi
  4. Cermatilah teks berikut !
    Ir. Soekarno, siapa yang tidak mengenal nama ini, seorang bapak pendiri bangsa (founding father) Indonesia, sekaligus menjadi Presiden pertamanya. Dalam biografi Soekarno ini, kita akan melihat kegigihan, ketabahan, dan semangat Soekarno dalam memerdekakan Indonesia. Pemimpin kharismatik yang disegani kawan maupun lawan. Mendapat julukan singa podium karena pidatonya yang berapi-api hingga mampu membakar semangat seluruh rakyat Indonesia untuk berjuang meraih kemerdekaan. Semasa hidup, beliau dikenal dekat dengan rakyat kecil hingga disebut sebagai penyambung lidah rakyat. Soekarno memang telah lama meninggal, namun seolah tetap hidup lewat ajaran/pemikiran yang ditinggalkan untuk bangsa ini. Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah …
    A. Penyambung lidah rakyat
    B. Pendiri bangsa Indonesia
    C. Presiden pertama Indonesia
    D. gigih, tabah, dan semangat
  5. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memiliki keindahan pada bunganya. Karena keindahan yang dimiliki oleh anggrek membuat bunga ini banyak diminati oleh orang. Bagi para pecinta bunga tentu belum lengkap rasanya kalau tidak memiliki bunga anggrek sebagai salah satu koleksi. Penggalan teks eksposisi tersebut termasuk bagian struktur ….
    A. deskripsi bagian
    B. penegasan ulang
    C. definisi umum
    D. deskripsi manfaat
  6. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Jika kita menginginkan susana belajar yang kondusif, kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga oleh warga sekolah itu sendiri. Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan. Penggalan teks eksposisi tersebut termasuk bagian struktur ….
    A. isi
    B. pembuka
    C. argumen
    D. simpulan
  7. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Hutan tropis Indonesia sangat bervariasi dari hutan di pegunungan, dataran rendah, sampai hutan pantai. Hutan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, luasnya mencapai 99,6 juta hektar dari luas wilayah Indonesia (kemenhut, 2011). Luas hutan yang sangat besar tersebut saat ini masih dijumpai di Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Di Jawa luas hutan telah berkurang karena terjadi alih fungsi pertanian dan pemukiman penduduk. Sementara itu alih fungsi hutan menjadi pertanian dan perkebunan banyak dijumpai di Sumatra dan Kalimantan. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
    A. Hutan tropis Indonesia bervariasi
    B. Hutan berubah menjadi permukiman
    C. Alih fungsi hutan tidak sesuai rencana pemerintah
    D. Alih fungsi hutan banyak dijumpai di Sumatra dan Kalimantan
  8. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Kuda merupakan salah satwa mamalia yang telah banyak menolong pekerjaan manusia selama ribuan tahun. Tenaga kuda banyak dimanfaatkan, misalnya untuk mengangkat barang. Sekarang, tidak sedikit olahraga yang melibatkan kuda, seperti pacuan kuda. Kuda merupakan 1 dari 10 spesies modern mamalia dari genus Equus. Kuda salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan sudah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Simpulan isi teks tersebut…
A. Tenaga kuda banyak digunakan untuk menolong manusia.
B. Banyak kegiatan olahraga melibatkan kuda sebagai bagian perlombaan.
C. Kuda merupakan satu spesies yang paling berperan penting dalam kehidupan.
D. Kuda banyak menolong manusia dan memegang peranan penting selama ribuan tahun.

  1. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Kondisi Kebun Binatang Surabaya semakin lama semakin memprihatinkan. Sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Asia Tenggara mempunyai koleksi binatang terlengkap, tetapi nyatanya banyak hewan di kebun binatang tersebut tewas dengan sangat mengenaskan. Hal inilah yang memicu banyak pecinta hewan melakukan protes dengan melayangkan rasa ketidakpuasan melalui surat maupun melakukan demo.

Pernyataan yang mendukung situasi kebun binatang adalah ….
A. Mana mungkin ada binatang yang mati sendiri
B. Perlu adanya perubahan manajemen di kebun binatang
C. Sebaiknya seluruh pecinta jangan banyak komentar yang tidak mendidik
D. Hal ini hanya akal-akalan saja agar kebun binatang banyak pengunjungnya

  1. Cermatilah penggalan teks berikut!
    Kotor, jorok, bau, dan tidak terawat. Biasanya, itulah gambaran tentang WC sekolah, terutama WC siswa. Dua hal yang sering kali menjadi faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kesadaran warga sekolah terhadap kebersihan serta anggaran yang tersedia, baik untuk membangun fasilitas WC yang representatif maupun untuk perawatannya, termasuk upah penjaga sekolah. Pendapat yang tidak setuju dengan pernyataan di atas adalah ….
    A. Kebiasaan anak di sekolah memang sudah seperti itu
    B. Masih ada juga anak-anak yang tidak tahu kebersihan
    C. Memang sudah kebiasaan warga sekolah , ya dibiarkan saja
    D. Perlu ditumbuhkan kesadaran menjaga toilet bagi seluruh warga sekolah
  2. Cermatilah kutipan teks berikut!
    Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kesenian. Di seriap daerah, pasti akan dapat kita jumpai kesenian yang merupakan cirri khas daerah tersebut. Sebagai contoh, di Ponorogo terdapat kesenian reog,di Bali terdapat tari barong,di Jawa Barat ada angklung dan sebagainya.
    Akan tetapi,kekayaan kesenian tersebut perlahan lahan hampir punah dari Indonesia.Penyebabnya adalah para generasi mudasebagian besar enggan melestarikannya.Sebagai seorang pelajar hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian kesenian yang berasal dari Indonesia patut kita pahami agar wawasan kita bertambah.

Simpulan isi kutipan teks tersebut adalah…
A. Kekayaan kesenian di Indonesia hampir punah.
B. Setiap daerah di Indonesia mempunyai cirri khas kesenian.
C. Untuk menambah wawasan kita harus memahami kesenian daerah.
D. Sebagai pelajar harus melestarikan kesenian daerah supaya tidak punah.

  1. Cermatilah teks berikut!
    Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu, tomat juga dapat mencegah kanker prostat,kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.
    Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik menjadi masakan pun, tomat mampu membius para penikmatnya. Di Perancis, tomat disebut pomme d’amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker, cobalah rutin mengonsumsi “si apel cinta”.

Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah….
A. Buah tomat sarat khasiat dan lezat disantap.
B. Buah tomat atau apel cinta dapat mencegah penyakit kanker.
C. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi penderita penyakit.
D. Buah tomat selain mencegah juga mengobati berbagai penyakit.

  1. Cermatilah kedua kutipan teks berikut! Kutipan teks I Satu dolar dan delapan puluh tujuh sen, hanya itu. Bahkan, enam puluh sen dari jumlah itu terdiri dari uang receh bernilai satu sen-an, hasil simpanannya selama ini yang didapatnya secara mendesak tukang sayur, tukang daging, dan penjaga took kelontong agar sudi menjual dagangan mereka kepadanya dengan harga termurah. Proses tawar-menawar itu tidak jarang membuatnya malu, hingga pipinya memerah, sebagaimana semua orang pasti merasakan hal yang sama jika mereka ada diposisinya. Tiga kali sudah Della mempermalukan diri. Satu dolar dandelapan puluh tujuh sen. Kutipan teks II
    Wajahnya mendongak ke langit. Tangannya mengadah setinggi bahu kiri dan kanan. Kakinya ditekuk, duduk seperti orang bersemedi. Tak bergeming mesti ada suara hiruk pikuk dan lalu lalang orang disekitarnya. Hal yang terpikir oleh Mardi hanya doa terkabul dan segera selesai. Pelan-pelan suara keluar dari mulutnya, “Tuhan,aku memohon kepadamu sekiranya aku memiliki banyak harta lebih baik menurutmu, sukseskan usaha jahitku.”

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah diawali dengan…
Kutipan teks I Kutipan teks II
A Memberikan garis besar cerita Memulai dengan lokasi
B Memulai dengan lokasi Mengisyaratkan bahaya
C Memulai dengan aksi tokoh Pengenalan tokoh
D Memunculkan masalah yang harus diselesaikan Memulai dengan aksi tokoh

  1. Cermatilah kutipan teks berikut!
    (1) Buku ini bukan hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan juga menjelaskan tentang bagaimana sejarah pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan contoh-contoh Negara yang menyalahgunakan pantai .
    (2) Buku ini ditulis dalam bentuk kalimat yang rumit sehingga tidak mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat sederhana, buku ini tidak menyajikan gambar –gambar berwarna melainkan hitam-putih saja.
    (3) Namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup member gambaran informasi yang jelas.
    (4) Itulah yang menyebabkan buku ini sangat berguna bagi kita. Kalimat yang menunjukan kelemahan buku,yaitu….
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4
  2. Cermatilah identitas buku berikut !
    Judul : Supernova Akar
    Penulis : Dewi “Dee” Lestari
    Jenis : Fiksi
    Penerbit : Truedee Books
    Cetakan tahun : Cetakan 1 books 2002
    Tebal buku : 221 halaman
    Panjang buku : 21 cm
    Lebar buku : 13,5 cm Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah…..
    A. Dewi Lestari Simangunsong yang akrab dipanggil Dee lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Januari 1976. Ia seorang penulis dan penyanyi. Dee pertama kali dikenal masyarakat sebagai anggota trio vokal Rida Sita Dewi. Sejak menerbitkan novel Supernova yang popular pada pada tahun 2001, ia kemudian dikenal luas sebagai novelis.
    B. Kelebihan buku Supernova episode Akar tidak lagi banyak dicantumkan footnote. Disini pengarang juga menyampaikan arti kesetikawanan tinggi antar sesama backpacker. Dalam novel ini pengarang juga mengajarkan kita dalam penguasaan beberapa bahasa asing dan tidak adanya diskriminasi dalam suatu komunitas.
    C. Menurut saya kekurangan dalam novel ini hanya dalam penggunaan bahasa tingkat yang tidak semua kalangan dapat memahaminya walaupun penggunaannya tidak sebanyak novel Supernova episode pertama yang berjudul Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh.
    D. Talita Luna, kesejahteraan hidup ada pada batu kerikil yang tertendang menyusuri jalan. Kesejatian hidup ada pada selembar daun kering yang gugur tertiup angin. Kesejatian hidup ada pada air susu ibu yang diminum oleh bayinya. Di Vihara Pit Yong Kiong, Pasuruan, di Pelabuhan Belawan, di Penang, di Bangkok, di Laos, di Golden Triangle, di Cambodia, di Bandung, di manapun kau hidup.
  3. Cermatilah paragraf berikut!
    Bermain game online dapat membuat anak menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak menghabiskan waktu untuk bermain game online. Tanggapan positif dari kutipan teks di atas adalah…
    A. Menurut saya, kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat tetap bisa terjaga jika bermain game online dibatasi waktunya.
    B. Menurut saya, seseorang yang sering menghabiskan waktu untuk bermain game online cenderung mengabaikan kesehatan.
    C. Menurut saya, bermain game online secara berlebihan akan menyebabkan dampak buruk lagi anak-anak tersebut.
    D. Menurut saya, anak-anak akan mengabaikan dunia nyata ketika bermain game online karena mereka akan lupa waktu.
  4. Cermatilah teks berikut!
    Dalam waktu satu dekade, pengguna internet di Indonesia meningkat hampir 10 kali lipat(28 % dari jumlah penduduk). Meski jumlah penduduk pengakses internet di Indonesia tergolong besar, angka tersebut masih cukup jauh dari tuntutan international Telcom Union (ITU) yang menargetkan 50% penduduk Indonesia melek internet pada 2015. Pleh karena itu, masyarakat masih harus diberikan kemudahan dalam mengakses internet.

Kalimat tanggapan kontra berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
A. peningkatan penggunaan internet di Indonesia menuntut kita untuk berhati-hati membatasi diri dalam menggunakan internet.
B. Menurut saya, pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat dapat memudahkan masyarakat memperoleh informasi yang mereka butuhkan.
C. Tuntukan International Telcom Union (ITU) yang menargetkan 50% penduduk Indonesia melek internet pada 2016 perlu kita dukung.
D. Kemudahan dalam mengakses internetbagi masyarakat mendapat dukungan dari international Telcom Union.

  1. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
    Buku kata-katanya saja yang bersahaja yang dapat menarik perhatikanku, tapi juga foto yang menghiasi foto profilnya. Foto sandal. Sebuah sandal sebelah kanan. Tanpa pasangannya sang sandal sebelah kiri.

Makna kata bersahaja pada kutipan cerpen tersebut adalah….
A. berlebih-lebihan
B. sederhana
C. teratur
D. lugu

  1. Cermatilah fabel berikut!
    “ Bagaimana kau dapat berenang dengan cepat?” Tanya lutung. “ Dengan kayuhan kaki-kakiku,” jawab penyu tanpa curiga. Ketika dipantai, lutung ingin melihat kaki penyu. Penyu setuju dan segera tubuhnya dibalikkan oleh lutung. Tenyata lutung segera meninggalkan penyu dalam keadaan terbalik. Ia bermaksud mencari harimau karena hanya harimaulah yang dapat mengeluarkan daging penyu dari kulitnyayangkeras itu.
    Penyu menangis dan berteriak minta tolong “Mengapa kamu?” Tanya seekor tikus yang mendekat. Penyu lalu menceritakan pengalamannya. Tikus pun menjadi sangat marah terhadap lutung yang tak tahu membalas budi itu.
    Ia bersama tikus-tikus lain menggali pasir dibawah badan penyu, dengan harapan apabila air pasang naik, penyu dapat membalikkan tububnya dengan mudah.

Sementara menunggu kedatangan lutung tikus-tikus itu menutupi tubuh penyu dengan tubuh kereka sendiri. Mereka menari-nari sambil bersyair. “Mari kita ikut gembira ria…bersama sang lutung yang jenaka..yang berhasil menipu raja rimba.. yang mengira betul ada penyu, padahal hanya kita yang ada..” lutung yang datang bersama harimau sangat heran, di manakah penyu? Mendengar syair tikus-tikus, harimau pun menjadi marah karena merasa ditipu. “ Mana penyu yang kau katakana itu?” geramnya. Kemudian lutung itu diterkam oleh sang harimau, dibawa lari ke dalam hutan.

Makna kata marah pada fabel tersebut adalah….
A. Tidak sepantasnya
B. Sangat tidak senang
C. Diperlakukan buruk
D. Ucapannya kasar

  1. Cermatilah penggalan teks fabel berikut !
    Singa terbangun dari tidurnya karena merasa terusik. Ia, mengaum “Berani sekali kamu menganggu tidurku! Aku bunuh kamu!”Tikus mencicit, “Oh , jangan bunuh aku! Aku akan berterima kasih padamu dan membantumu kapan pun kamu membutuhkan aku.”Singa tertawa keras, “Buat apa sang raja hutan memerlukan bantuan dari seekor tikus kecil? Lalu ia menyambung, ” Tapi aku akan melepaskanmu karena kamu membuatku tertawa.”Keesokan harinya, singa terperangkap jala pemburu. Singa mengaum berusaha melepaskan diri. Tetapi semakin keras berusaha, semakin ia terbelit. Tikus kecil mendengar raungan singa. Ia berlari mendekati singa dan berkata, “Jangan takut, wahai singa, aku akan membantumu.” Tikus merobek jala hingga terbuka dengan gigi-gigi mungilnya
    yang tajam hingga singa terbebas.

Makna tersirat dari penggalan teks fabel diatas adalah …
A. tikus wajib menolong singa karena
B. memang sudah sepantasnya hidup saling tolong menolong
C. Sikap singa yang merasa paling hebat dan tidak mau ditolong
D. Bersikaplah baik pada yang lemah dan sederhana, karena mereka menolongmu pada saat kamu sangat membutuhkan

  1. Cermatilah penggalan teks di bawah ini !
    Disaat petugas Satuan Tugas Darat Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau berjibaku memadamkan api, alat pemadam malah dicuri. Hingga kini, kejadian di Kabupaten Indragiri Hulu ini masih diselidiki polisi setempat. Petugas kesulitan melacak pelaku yang telah melarikan mesin pompa air itu, sejak dicuri beberapa pekan lalu.

Pendapat kontra terhadap berita di atas yang tepat adalah …
A. Jangan selalu menyalahkan perbuatan pencurinya
B. Biarkan saja aksi pencurian itu karena butuh uang untuk makan
C. Dipastikan pencurinya tahu alat pemadam itu mahal untuk dijual
D. Hal itu tidak perlu terjadi karena akan merugikan seluruh dalam pemadaman

  1. Cermatilah penggalan fabel berikut !
    Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.

Bagian fabel di atas adalah….
A. konflik
B. amanat
C. pengenalan
D. penyelesaian

  1. Cermatilah teks berikut!
    Buat guruku tercinta tak ada kata yang terbaik selain doa yang tulus dariku, aku tak bisa selalu memberikan yang terbaik buatmu. Tak terkira betapa ilmu itu akan setinggi langit engkau tetap saja merendah, bagimu membuat mereka tertawa dan bisa belajar dengan baik dan menjadi orang yang berguna itu sudah bagian dari hidupmu yang kau habiskan demi bangsa dan negara ini.

Makna kata langit pada teks tersebut adalah ….
A. benda langit terdiri atas gas menyala seperti matahari, terutama tampak pada malam hari
B. ruang luas yang terbentang di atas bumi, tempat beradanya bulan, bintang, matahari, dan planet yang lain
C. benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas
pada bumi pada siang hari;
D. benda langit (seperti Mars, Venus) yang tidak mengeluarkan panas ataupun cahaya dan bergerak mengelilingi matahari secara tetap; bintang siarah

  1. Cermatilah cerita berikut !
    Kabupaten Pulau Morotai, bagian dari Provinsi Maluku Utara, merupakan gerbang Indonesia menuju Samudra Pasifik. Salah satu pulau paling utara di Tanah Air itu menyimpan segudang pesona bahari.kawasan yang merupakan pemekaran dari kabupaten Halmahera Utara pada 2008 itu memiliki sekitar 30 pulau yang menjadi andalan wisatanya.Bagi yang menyukai pemandangan bawa laut, Morotai menawarkan keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni bahkan di sejumlah titik selam, hiu menjadi daya tarik bagi penyelam untuk mendapatkan pengalaman yang mendebarkan.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah…
A. Banyak pulau di kepulauan Morotai yang dijadikan objek wisata bahari
B. Kabupaten Pulau Morotai menyimpan segudang tempat wisata pesona bahari
C. Kepulauan Morotai merupakan kawasan yang dijadikan pesona wisata bahari
D. Banyak wisatawan asing yang datang untukmelihat keindahan Kepulauan Morotai

  1. Cermatilah penggalan teks fabel berikut
    Singa terbangun dari tidurnya karena merasa terusik. Ia, mengaum “Berani sekali kamu mengganggu tidurku! Aku bunuh kamu!”Tikus mencicit, “Oh , jangan bunuh aku! Aku akan berterima kasih padamu dan membantumu kapan pun kamu membutuhkan aku.”Singa tertawa keras, “Buat apa sang raja hutan memerlukan bantuan dari seekor tikus kecil? Lalu ia menyambung, ” Tapi aku akan melepaskanmu karena kamu membuatku tertawa.”Keesokan harinya, singa terperangkap jala pemburu. Singa mengaum berusaha melepaskan diri. Tetapi semakin keras berusaha, semakin ia terbelit. Tikus kecil mendengar raungan singa. Ia berlari mendekati singa dan berkata, “Jangan takut, wahai singa, aku akan membantumu.” Tikus merobek jala hingga terbuka dengan gigi-gigi mungilnya
    yang tajam hingga singa terbebas.

Makna tersirat penggalan teks fabel di atas adalah …
A. Tikus wajib menolong singa karena kasihan.
B. Memang sudah sepantasnya hidup saling tolong menolong.
C. Sikap singa yang merasa paling hebat dan tidak mau ditolong.
D. Bersikaplah baik pada yang lemah karena mereka terkadang menolongmu

  1. Cermatilah cerpen berikut!

Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.

  • Tolong lindungi saya, Pak, katanya. Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu. Saya tidak ikut-ikutan.
    Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.

Latar tempat dan waktu pada kutipan cerpen tersebut adalah….
A. stasiun, pagi hari
B. stasiun, sore hari
C. kereta, malam hari
D. kereta, siang hari

  1. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
    1) Asyura tak pernah membiarkan Mak Saniah pulang dengan tangan hampa. 2) Begitu mendengar Mak Saniah dia mengambil piring dan menjumpai Mak Saniah di luar. 3)Selembar uang Rp5.000,oo bisa diberikan Asyura kepada Mak Saniah dan mengambil kue gemblong empat hingga lima buah serta unti dua sampai tiga buah. 4)Mak Saniah tak pernah menjual kue-kuenya lebih dari Rp500,oo per buah.

Bukti watak Asyura yang “murah hati” dalam kutipan cerpen tersebut ditunjukkan kalimat…
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

  1. Cermatilah kutipan fabel berikut!

Suatu hari ada seekor gajah. Tubuhnya tinggi, besar, dan gemuk, belalainya sangat panjang dan kuat. Sepasang gadingnya besar dan kokoh. Gajah itu sangat baik hati ia selalu memberikan makanan kepada binatang-binatang yang kelaparan. Ia juga selalu memberikan pertolongan kepada mereka yang kesusahan, baik binatang yang besar maupun binatang kecil, seperti tikus dan semut.
Pada suatu hari gajah mengadakan perjalanan yang sangat jauh, ia berkeliling hutan dan bertemu dengan harimau yang sedang kesakitan karena tertimpa pohon yang roboh.
“Gajah….Gajah…. tolong aku” kata harimau menahan rasa sakit. Mendengar rintihan harimau, gajah itu langsung mengangkat pohon yang mengimpit rubuh harimau dengan belalainya.
“Terima kasih kawan!” ucap harimau. “Seandainya kamu tidak segera datang menolongku, mungkin aku sudah mati karena tertimpa pohon yang sangat besar. Sekali lagi terima kasih Gajah;
“Kamu harus bersyukur karena masih bisa selamat dan hanya mengalami luka ringan,” kata gajah.
“Ya, kamu benar Gajah. Rasanya tidak mungkin ada binatang lain yang sanggup menolongku untuk mengangkat pohon sebesar itu, selain kamu.
“Sudahlah, kita hidup harus saling menolong.
Meskipun gajah memiliki kekuatan yang tidak dimiliki binatang lain, gajah tetap rendah hati. Tidak menyombongkan diri. Gajah pun pergi meneruskan perjalanannya.

Watak gajah dalam kutipan fabel tersebut merupakan gambaran watak yang….
A. sombong
B. rendah diri
C. suka menolong
D. pandai bersyukur

  1. Cermatilah kalimat berikut!
    Kita sering melihat para […] yang memotret sambil berdiri atau membungkuk atau bahkan sampai rebahan di lantai.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. reporter
B. illustrator
C. fotografer
D. koreografer

  1. Cermatilah paragraf berikut!
    Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan […] timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakup benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan […] biak, seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika […] dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat sehat, aman,tenteram, lahir, dan batin.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. berhubungan, mengembangkan, memelihara
B. menghubungi, perkembangan, memelihara
C. menghubungi, berkembang, terpelihara
D. berhubungan, berkembang, terpelihara

  1. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
    (1) Pengalaman pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan YME.
    (2) Esok paginya, setelah puas kami pun turun gunung dengan perasaan penuh haru dan syukur.
    (3) Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami.
    (4) Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.
    (5) Perjalanan mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.

Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat adalah….
A. (4),(2),(5),(3),(1)
B. (4),(3),(2),(5),(1)
C. (5),(4),(3),(1),(2)
D. (5),(1),(2),(4),(3)

  1. Cermatilah data-data berikut!
    Nama Kegiatan : Jumat Bersih.
    Pelaksana : Tiap kelas mendapat bagian.
    Tujuan Kegiatan : Membiasakan Hidup Bersih dan Peduli Lingkungan Bersih.

Teks laporan sesuai dengan data tersebut adalah…
A. Kegiatan Jumat bersih dilakukan setiap hari Jumat. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini digilir sesuai dengan jadwalnya. Misalnya, Jumat minggu pertama kelas VII. Jumat minggu kedua kelas VIII dan minggu ketiga kelas IX. Biasanya anak laki-laki membersihkan di luar kelas, anak perempuan di dalam kelas.
B. Setiap hari Jumat SMP Angsa Biru melakukan kegiatan “Jumat Bersih” Setiap kelas mendapat bagian atau lahan berbeda-beda. Ada yang membersihkan bagian taman belakang, taman samping, sekitar mushola, dan ada juga di sekitar kantin. Kegiatan ini bertujuan membiasakan hidup bersih dan peduli lingkungan bersih.
C. Kegiatan “Jumat Bersih” sudah berlangsung enam bulan. Hasilnya cukup memuaskan selain lingkungan sekolah selalu bersih juga menanamkan pembiasaan hidup bersih kepada warga sekolah. Mereka yang di rumahnya tidak pernah menggerakkan sapu kini dibiasakan untuk memanfaatkan sapu sesuai dengan fungsinya.
D. Hari Jumat dimanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih. Anak-anak dan guru-guru di SMP Angsa Biru melakukannya dengan senang hati. Mereka saling membagi lahan untuk dibersihkan. Ada yang membersihkan taman, tempat parkir, kantin dan lain-lain. Anak perempuan menyapu dan mengepel, serta mengelap kaca kelas.

  1. Cermatilah teks rumpang berikut!
    Petunjuk Membuat Jus Mangga
    (1) Pilihlah buah mangga yang masak dan kupas kulitnya.
    (2) Lalu, potong daging buah mangga dalam ukuran kecil.
    (3) Selanjutnya, masukkan ke wadah blender.
    (4) Tambahkan air matang dan gula pasir.
    (5) […]
    (6) Setelah halus, tuang ke gelas saji.
    (7) Tambahkan es serut di atasnya.
    (8) Jus mangga Anda siap dinikmati.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur rumpang tersebut adalah…
A. Masukkan jus mangga yang sudah halus ke dalam gelas.
B. Supaya lebih nikmat, dinginkan jus mangga di kulkas.
C. Nyalakan mesin blender, biarkan sampai mangga halus.
D. Buah mangga yang dipilih hendaknya yang sudah matang.

  1. Cermatilah teks eksposisi berikut ini!
    Pernahkah Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu. Kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut. Ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri. Keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda. …

Teks eksposisi di atas dapat dilengkapi dengan kalimat berikut….
A. Kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh-sungguh.
B. Kelima, kita harus menambah keterampilan agar percaya diri dan tidak ada keraguan.
C. Kelima, belajar dengan sungguh-sungguh agar tidak takut menghadapi kesulitan.
D. Kelima, mendekatkan diri pada Tuhan YME untuk mempertebal iman.

  1. Cermatilah teks deskripsi berikut!
    Ibu, Inspirasiku

Ibuku bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
… . Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

Kalimat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut di atas adalah …
A. Ibu adalah wanita yang bijak.
B. Ibu adalah wanita yang hebat.
C. Ibu adalah wanita yang kuat.
D. Ibu adalah wanita yang sangat baik.

  1. Cermatilah kutipan teks berikut.
    Laboratorium IPA SMP Saka Buana sudah cukup bagus untuk terjaga. Namun, sayang pembuangan air limbah dari laboratorium belum diperhatikan degan maksimal. Di sekolah belum ada (….) pengolah limbah yang memadai. Di got pembuangan terlihat air kotor yang sangat berbahaya.
    Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ….
    A. instalasi
    B. instaler
    C. instansi
    D. instalator
  2. Cermatilah teks berikut.
    Rencananya, mereka akan berpisah, Rian bakal dipasangkan dengan Hendra Setiawan, sedangkan Berry bersama Mohammad Ahsan. Dua (….) baru ini akan memulai debut di (….) Eropa, Denmark Open Super Series Premier 2016 serta French Open Super Series 2016. Meskipun belum diketahui apakah bongkar pasang ini bersifat (….) tetapi Rian/Berry mengakui akan berusaha sekuat tenaga untuk memanfaatkan kepercayaan yang diberikan kepada mereka.

Istilah yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ….
A. pasangan, turnamen, permanen
B. atlet, benua, permanen
C. pasangan, daerah, sementara
D. atlet, turnamen, sementara

  1. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
    (1) Kini keterangan mereka kembali terusik oleh ratusan kaera ang menyerbu lahan pertanian.
    (2) Memang penduduk di daerah tersebut perlu mendapat pertolongan.
    (3) Belum lama ini penduduk Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang diguyur hujan debu.
    (4) Sementara itu, mereka juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.
    (5) Bahkan kera-kera tersebut ada yang masuk ke rumah penduduk.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu dengan susunan …..
A. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)
B. (2)-(3)-(1)-(5)-(4)
C. (3)-(1)-(4)-(5)-(2)
D. (3)-(4)-(1)-(5)-(2)

  1. Cermatilah kutipan teks berikut.
    (1) Kopi tubruk memberikan waktu cukup lama bagi penikmatnya untuk berbincang. (2) Pertama, semua bubuk kopi itu harus dibiarkan dulu mengapung, lalu pelan-pelan bubuk itu akan jatuh ke dasar cangkir. (3) Setelah beberapa menit, bolehlah sambil berbincang memainkan sendok di permukaan kopi, membantu perputaran bubuk dari yang mengapung jadi tenggelam. (4) Dalam ritual mini itu, kami berbincang panjang.
    Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  2. Cermatilah teks ulasan berikut
    (1) Film Tenggelamnya Kpaal Van Der Wijk merupakan film yang diadaptasi dari roman karya Buya Hamka yang kemudian difilmkan. (2) Film ini dbintangi oleh artis-artis berbakat, seperti misalnya Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian. (3) Film ini rilis pada tanggal 19 Desember 2013. (4) Film yang disutradarai oleh Sunil Soraya ini sukses menjadi film yang sangat laris sekali pada tahun 2013.

Ketidakefektifan teks ulasan tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

  1. Cermatilah teks rumpang berikut!
    Membuat Boneka Lucu
    Langkah-langkah :
    a. Buat pola boneka lebih dahulu.
    b. (….)
    c. Jahit potongan kain sesuai pola.
    d. Masukkan isian atau dakron ke dalam kain.
    e. Sempurnakan jahitan pada kain.
    f. Tambahkan berbagai aksesori agar semakin menarik.
    g. Boneka lucu telah selesai dibuat.

Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A. Cucilah kain terlabih dahulu.
B. Gunting kain sesuai pola yang dibuat.
C. Siapkan kain untuk membuat pola.
D. Siapkan dakron untuk mengisi kain.

  1. Cermatilah biografi berikut!
    Prestasi gemilang tidak hanya diukir oleh Ridwan Kamil di dunia kerja, tetapi sejak di bangkut sekolah dasar. Sejak kecil, pria berkacamata ini memang selalu dapat membanggakan orang tuanya. Dia selalu dapat membuktikan tanggung jawab dengan berhasil masuk deretan lima besar di kelasnya. Jika bicara soal prestasi dan penghargaan yang pernah diraih, dosen jurusan Teknik Arsitektur institut teknologi bandung ini punya sederetan prestasi yang dapat dibanggakan. Beberapa di antaranya adalah ketika Ridwal Kamil dipilih sebagai salah satu ikon perubahan versi majalah gatra pada tahun 2012. Lalu di tahun berikutnya, Ridwan Kamil mendapat Urban Leadership Award dari Penn Institute for Urban Research, USA.

Penulisan yang tepat pada kata yang bercetak tebal adalah ….
A. Institut teknologi bandung, Majalah gatra
B. institut teknologi Bandung, Majalah gatra
C. Institut teknologi Bandung, majalah gatra
D. Institut Teknologi Bandung, Majalah Gatra

  1. Cermati teks berikut!
    1) Potensi wisata bahari telah menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. 2) Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi lainnya. 3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan. 4) Selain itu, berkembang pula industri jasa, seperti pemandu wisata, transportasi, dan persewaan.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

  1. Cermatilah kutipan berikut!
    1) Jaipongan adalah sebuah jenis tari pergaulan tradisional masyarakat Sunda, Jawa Barat. 2). Tari ini diciptakan oleh seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960. 3) Banyak tarian yang diangkat dari kisah legenda suatu daerah. 4) Tarian ini merupakan tarian pergaulan yang digali dari kekayaan seni tradisi nusantara, khususnya Jawa Barat.
    Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ….
    A. 4)
    B. 3)
    C. 2)
    D. 1)
  2. Cermatilah kalimat berikut! Para siswa-siswa mengerjakan ujian masuk perguruan tinggi.

Kalimat tersebut tidak efektif karena … .
A. Tidak bersubjek
B. Bermakna ganda
C. Maknanya tidak logis
D. Mengalami pemborosan kata

  1. Cermatilah teks berikut !

Badai asap sepenuhnya belum berlalu. Musim panas diprediksi masih berlanjut sampai bulan Nopember. Hujan yang turun tiga hari, belum menjanjikan padamnya seluruh titik api. Artinya,sewaktu-waktu asap bisa mencemari udara lagi. Akan tetapi, kadang kita terlena dengan hilangnya asap, berkaca di tahun-tahun sebelumnya. Di saat badai asap melanda kwalitas udara sangatlah tidak menyehatkan. Banyak anak terserang penyakit pernapasan. Penyakit pernafasan ini banyak merengut korban jiwa.

Penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah adalah … .
A. diprediksi, Nopember, kwalitas.
B. Nopember, kwalitas, pernafasan.
C. Nopember, kwalitas, pernapasan.
D. diprediksi, pernafasan, kwalitas.

  1. Bacalah dengan cermat!
    PT. Jaya Abadi yang diresmikan oleh bupati setempat dikelola oleh pengusaha pribumi. Perusahaan itu bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit, dipimpin oleh Sumarsono, SE.Tenaga kerja direkrut dari warga setempat, sehingga taraf hidup mereka semakin meningkat.

Penulisan tanda baca yang tepat pada kata yang bercetak miring adalah … .
A. P.T Jaya Abadi dan Sumarsono, SE.
B. PT. Jaya Abadi dan Sumarsono. S.E.
C. P.T. Jaya Abadi dan Sumarsono, S.E.
D. PT Jaya Abadi dan Sumarsono, S.E.

  1. Cermatilah teks di bawah ini!
    Di Salatiga, Jawa Tengah, masih banyak bangunan peninggalan zaman Belanda yang digunakan sebagai kantor Pemerintahan. Penulisan huruf kapital yang tidak tepat adalah ….
    A. Salatiga
    B. Belanda
    C. Jawa Tengah
    D. Pemerintahan
  2. Cermatilah kalimat berikut !
    Minggu ini, diadakan pameran mebel di Balai Pemuda. Ayah membeli beberapa di antaranya meja makan, kursi malas dan beberapa lemari yang akan diberikan kepada kakakku yang baru pindah rumah.

Penulisan yang tepat kutipan tersebut adalah … .
A. Minggu ini, diadakan pameran mebel di Balai Pemuda. Ayah membeli beberapa di antaranya, meja makan, kursi malas dan beberapa lemari yang akan diberikan kepada kakakku yang baru pindah rumah.
B. Minggu ini, diadakan pameran mebel di Balai Pemuda. Ayah membeli beberapa di antaranya, meja makan, kursi malas, dan beberapa lemari yang akan diberikan kepada kakakku yang baru pindah rumah.
C.Minggu ini, diadakan pameran mebel di Balai Pemuda. Ayah membeli beberapa di antaranya : meja makan, kursi malas dan beberapa lemari yang akan diberikan kepada kakakku yang baru pindah rumah.
D. Minggu ini, diadakan pameran mebel di Balai Pemuda. Ayah membeli beberapa di antaranya : meja makan, kursi malas, dan beberapa lemari yang akan diberikan kepada kakakku yang baru pindah rumah.

  1. Cermatilah kalimat berikut!
    Indah K. menerima honor penulisan cerpen sebesar Rp.300.000,00.
    Penggunaan tanda titik pada kalimat tersebut tidak tepat karena …
    A. tanda titik tidak digunakan setelah Rp
    B. digunakan untuk memisahkan ribuan
    C. dipakai sebagai penutup kalimat
    D. digunakan pada singkatan nama